Baju Renang Muslimah Bagi Para Muslimah Yang Hobi Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat direkomendasikan bagi semua kalangan. Baik pria atau wanita, dewasa maupun anak-anak. Olahraga ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh jika dilakukan secara rutin. Namun, sebagai seorang muslimah yang memiliki kewajiban untuk menutup aurat, olahraga berenang kadang menjadi terkendala. Sebagian muslimah menjadi berpikir dua kali untuk melakukan olahraga ini karena enggan berbaur dengan lawan jenis dalam satu kolam renang maupun pantai. Saat ini masalah tersebut sudah tak perlu dikhawatirkan lagi. Sudah banyak tersedia baju renang muslimah yang didesain agar tetap menutup aurat dan tetap nyaman saat digunakan berenang.

Olahraga renang memiliki manfaat antara lain, melatih pernapasan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meninggikan badan, menyehatkan jantung, membentuk tubuh yang ideal, meningkatkan kebugaran tubuh, meredakan radang sendi, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, alternatif terapi ketika cedera, dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Berenang juga dipercaya mampu meredakan stres. Dan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari berenang. Dengan mempertimbangkan banyaknya manfaat dari olahraga tersebut, para muslimah disarankan tetap melakukan olahraga ini. Dalam Islam pun berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang disunnahkan Rasulullah SAW selain berkuda dan memanah.

Mengenal Pakaian Renang Muslimah Yang Menutup Aurat

Dulu para muslimah terpaksa menggunakan celana, kaos, dan penutup kepala seadanya untuk berenang. Hal tersebut dikarenakan pakaian renang identik dengan bikini atau pakaian renang lain yang cenderung terbuka. Padahal menggunakan celana dan kaos biasa bisa mengakibatkan risiko keseleo dan tenggelam. Hal tersebut dikarenakan celana dan kaos biasa menyerap air terlalu banyak. Sehingga menjadi berat saat dipakai. Dengan diciptakannya baju renang muslimah, masalah tersebut telah teratasi. Pakaian renang khusus wanita muslimah ini disebut juga burqini atau burkini. Agar anda mengetahui lebih banyak tentang burkini, berikut akan dibahas beberapa hal mengenai burkini.

  • Desain burkini dari dan untuk wanita muslimah

Burkini didesain oleh seorang wanita dari Australia yang berdarah Lebanon yaitu Aheda Zanetti. Kata burkini diambil dari dua kata yaitu burka dan bikini. Awalnya, Zanetti memperoleh ide saat berusaha memecahkan masalah keponakan perempuannya. Keponakannya tersebut memiliki hobi berolahraga. Hanya saja, desain pakaian olahraga yang ada selama ini tidak membuatnya nyaman karena tak sesuai dengan tuntunan agama yang dianutnya. Zanetti pun lantas mencarikan pakaian yang dikehendaki keponakannya tersebut. Hanya saja hasilnya nihil. Ia tidak menemukan baju yang sesuai kriteria yang dicari. Alhasil Zanetti mendesain sendiri burkini tersebut dan berharap baju tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang, khususnya keponakannya. Sehingga setiap wanita muslimah bisa tetap aktif berolahraga meski di luar rumah.

  • Terbuat dari bahan berkualitas yang nyaman dipakai

Burkini sangat nyaman dipakai karena dibuat dengan bahan yang ringan dan cepat kering. Sebenarnya sebelum dibuat burkini, sudah ada pakaian renang untuk wanita muslim salah satunya adalah produk Veilkini. Hanya saja, material bahan yang digunakan pada produk-produk sebelumnya dinilai berbahaya dan tidak praktis seperti lycra dan neoprene. Burkini hadir dengan material yang serupa dengan pakaian penyelam namun dibuat lebih longgar. Karena bahannya yang ringan, anda tidak akan merasa keberatan saat berenang.

  • Mempunyai banyak pilihan warna

Setiap orang selalu mempunyai warna favoritnya masing-masing. Ada yang suka warna yang cerah dan ada yang lebih menyukai warna gelap. Burkini ini mempunyai banyak pilihan warna seperti produk fashion lainnya. Ada warna cerah seperti biru, merah, pink, atau ungu. Ada juga warna gelap seperti hitam dan coklat. Sehingga para wanita bisa memilih warna baju renang muslimah yang sesuai dengan karakter dan kesukaannya.

  • Tidak membentuk lekuk tubuh

Jika pakaian selam melekat di tubuh alias memperlihatkan lekuk tubuh, lain halnya dengan burkini. Baju ini dibuat longgar di badan. Sangat melegakan bagi para muslimah yang menjaga dirinya dengan menyembunyikan lekuk tubuh dari pandangan orang lain yang bukan muhrim. Ditambah lagi penutup kepala yang berfungsi sebagai pengganti hijab selama berenang. Penutup tersebut dibuat agar tidak mudah copot meskipun digunakan untuk menyelam. Burkini ini menutup aurat dari bagian kepala hingga kaki menyisakan bagian wajah, tangan, dan kaki.

  • Punya banyak manfaat sehingga tidak hanya dipakai oleh wanita muslim

Fungsi dari burkini antara lain adalah memberikan perlindungan menyeluruh pada kulit kita dari sinar UV atau matahari. Orang-orang non muslim turut menggunakan burkini untuk berenang dengan alasan kesehatan. Mereka berpikir burkini mampu menjadi solusi kekhawatiran mereka terhadap kanker kulit saat melakukan aktivitas berenang di siang hari di bawah teriknya sinar matahari. Selain itu, di Israel burkini juga digunakan oleh kaum Yahudi tradisional dengan alasan religius. Karena burkini merupakan salah satu dari pakaian tertutup yang menjadi identitas mereka.

5 Tips Memilih Pakaian Renang Muslimah Untuk Anda

Setelah mengenal lebih banyak mengenai burkini atau baju renang khusus muslimah, kini anda akan diberikan tips memilih pakaian renang muslimah. Berikut ini 5 tipsnya.

  1. Carilah baju renang yang longgar

Satu hal terpenting dan tujuan utama para wanita muslimah adalah pakaian renang syar’i yang menutup aurat dan tidak menunjukkan lekuk tubuh. Jadi tidak mengundang perhatian dan pandangan lawan jenis meski harus satu kolam renang. Mencari baju renang yang longgar bisa menjadi solusi untuk menghindari hal tersebut. Sebaiknya pilih baju renang yang atasannya panjang sampai lutut karena terkesan lebih santun.

  1. Hindari pemakaian legging

Pemakaian legging perlu dihindari bagi para muslimah yang ingin berenang. Pertama, legging bersifat ketat menempel pada tubuh sehingga otomatis membentuk lekuk tubuh. Kedua, legging atau celana yang ketat bisa menghambat peredaran darah. Sehingga menggunakan celana yang longgar lebih baik dan lebih nyaman.

  1. Pilih celana yang ujungnya berkerut

Celana dengan ujung berkerut atau adanya tambahan karet bagian bawah sangat aman dipakai berenang. Karena jenis celana tersebut tidak akan mudah terangkat dan memperlihatkan bagian kaki anda. Jadi tetap aman dan tak khawatir aurat akan terbuka.

  1. Pakai kerudung yang pas

Pemilihan kerudung akan berpengaruh pada kenyamanan saat berenang. Sebaiknya pakailah jenis kerudung praktis atau turban instan. Hindari menggunakan jilbab yang membutuhkan peniti atau jarum pentul agar tidak membahayakan diri sendiri.

  1. Pilih baju renang dengan bahan yang tidak licin

Mengapa sebaiknya memilih baju renang yang tidak licin? Baju renang yang licin cenderung jatuh sehingga akan membentuk lekuk tubuh. hal itu tentu tidak sesuai dengan kaidah muslimah yang harus menutup auratnya. Beberapa produsen baju renang saat ini telah menciptakan produk yang tidak licin dan mengandung sun block supaya kulit tidak terlihat kusam. Keren ya!

Sekian ulasan mengenai pakaian renang muslimah. Semoga bermanfaat bagi anda yang tengah mencari baju renang yang pas dan memenuhi syariah agama Islam.

Pakaian Renang Muslimah saat ini sudah tersedia, sehingga para muslimah yang hobi berenang tidak perlu ragu lagi melakukan aktivitas favoritnya tersebut.

Back to Top